Senin, 05 Maret 2012

Tentang DML dan ERD

1. Terangkan dan jelaskan secara singkat dari macam-macam atribut
  1. Atribut Komposit yaitu atribut yang dapat dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan tetap bermakna.
    Contoh: atribut nama seringkali dipecah menjadi nama_depan, nama_tengah, dan nama_belakang atau cukup berupa nama_depan dan nama_belakang saja.
    gbr2  
          Atau contoh lainnya:
    • Alamat : jalan, kota, kode_pos.
    • Jalan : no_jalan, nama_jalan, nomor apartemen.
  2. Atribut Sederhana yaitu atribut yang tidak dapat dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang masih memiliki makna.
    Contoh: atribut jenis_kelamin (yang berisi pria dan wanita)
    gbr3
  3. Atribut Turunan merupakan nilai atribut dalam suatu entitas yang bisa dihitung atau diturunkan dari nilai suatu atribut atau sejumlah atribut yang tersimpan dalam database atau dari nilai lain (misalnya jam sistem atau tanggal sistem). Dan biasanya atribut turunan ini tidak muncul dalam tabel database.
    Contoh lain:
    a. Usia, yang menyatakan usia seseorang. Nilai untuk usia ini dapat diperoleh dari atribut Tanggal_Lahir.
    b. Lama_Bekerja, yang menyatakan lama seseorang sudah bekerja pada suatu organisasi. Nilainya bisa dihitung berdasarkan Tanggal_Mulai_Bekerja. Untuk menandakan aribut turunan dapat dinyatakan dengan bentuk lonjong dengan garis terputus-putus sebagai berikut:
    gbr4
    Berikut merupakan penggambaran entitas MAHASISWA dengan melibatkan atribut komposit, atribut sederhana, dan atribut turunan dari contoh diatas.
    gbr5
  4. Atribut Tersimpan merupakan atribut yang nilainya tidak bisa didapatkan dari atribut-atribut lain dan benar-benar tersimpan pada database.
  5. Atribut Bernilai-tunggal (singled-valued attribute) adalah atribut yang nilai atributnya hanya satu untuk setiap entitas.
    Simbol: dinyatakan dengan bentuk lonjong biasa dan tidak ada garis bingkai diluarnya.
  6. gbr6
  7. Atribut Bernilai-banyak (multi-valued attribute) adalah atribut yang nilai atributnya bisa lebih dari satu untuk setiap entitas.
    Simbol: dinyatakan dengan terdapatnya dua garis yang membingkai bentuk lonjong.
  8. gbr7
2. Apa yang dimaksud dengan Diagram E-R dan sebutkan fungsinya !

ERD adalah sebuah konsep yang mendeskripsikan hubungan antara
penyimpanan dan didasarkan pada persepsi dari sebuah dunia nyata
yang terdiri dari sekumpulan objek.Sedangkan fungsi diagram ini
digunakan untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data
juga ER, dapat menguji model dengan mengabaikan proses yang dilakukan.
Diagram ER pertama kali dideskripsikan oleh Peter Chen.

3. Diagram E-R mempunyai 4 simbol utama, sebutkan dan jelaskan
masing-masing simbol tersebut !
 
Entitas, adalah segala sesuatu yang dapat digambarkan oleh data. Entitas juga dapat diartikan sebagai individu yang mewakili sesuatu yang nyata (eksistensinya) dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain. Simbol dari entitas ini biasanya digambarkan dengan persegi panjang. Ada dua macam entitas yaitu entitas kuat dan entitas lemah. Entitas kuat merupakan entitas yang tidak memiliki ketergantungan dengan entitas lainnya. Contohnya entitas anggota. Sedangkan entitas lemah merupakan entitas yang kemunculannya tergantung pada keberadaaan entitas lain dalam suatu relasi.

•   Atribut, merupakan pendeskripsian karakteristik dari entitas. Atribut digambarkan dalam bentuk lingkaran atau elips. Atribut yang menjadi kunci entitas atau key diberi garis bawah. Contoh: Entitas pengarang memiliki atribut nama, alamat, no telpon, dsb. Atribut digambarkan dengan lingkaran memanjang dalam ERD tapi jarang sekali dalam ERD atribut ikut digambarkan. Atribut juga sering disebut dengan field atau kolom dalam suatu ERD.

•    Relasi atau Hubungan, Relasi menunjukkan adanya hubungan diantara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Contoh: Entitas buku dan Entitas Pengarang memiliki hubungan "ditulis", yang artinya, pengarang menulis buku, dan buku ditulis pengarang. Selain itu, terdapat relasi "one to one", "one to many", dan "many to many" dalam entity. Relasi ini digambarkan dengan garis dalam ERD.

•    Garis, yaitu penghubung antara himpunan relasi dengan himpunan entitas dan himpunan entitas dengan atribut. Contoh :
Diagram E-R dibawah terdiri dari 2 entitas, customer dan loan, dan satu relasi borrower. Atribut dari customer adalah nama, ktp, jalan, kota. Atribut untuk loan adalah no_pinjaman, jml_pinjaman. Hubungan entity customer ke loan adalah banyak ke banyak.


4. Berikan contoh untuk masing-masing kardinalitas dalam Diagram E-R !
Macam-macam Kardinalitas :
a. One To One

Yang dimaksud dengan relasi one to one adalah suatu hubungan dimana entitas pertama hanya mempunyai 1 hubungan pada entitas kedua. contoh : 1 KTP hanya untuk 1 orang. tidak pernah mungkin 1 KTP bisa dimiliki banyak org
b. One To Many

Yang dimaksud dengan relasi one to many adalah suatu hubungan dimana 1 entitas pertama bisa mempunyai banyak hubungan pada entitas kedua. Contoh : 1 komputer di labkom bisa di gunakan untuk banyak siswa.
c. Many To One

Relasi many to one merupakan kebalikan dari relasi “one to many”. Contoh : banyak murid hanya mempunyai 1 wali kelas
d. Many To Many

Yang dimaksud dengan relasi many to many adalah setiap entitas pertama dapat mempunyai banyak hubungan pada entitas yang kedua. Begitu juga sebaliknya, setiap entitas yang kedua bisa memiliki banyak hubungan pada entitas pertama.

5. Apa yg dimaksud dengan spesialisasi dan generalisasi ?

Spesialisasi adalah proses mendesain subgrup di dalam suatu entity. Suatu himpunan entitas bisa memiliki suatu subgrup yang berbeda diantara entitas-entitas lain dalam himpunan tersebut. Misalnya suatu sub himpunan entitasd alam suatu himpunan entity bisa memiliki atribut yang berbeda dari entity-entiti lain. Model E-R memiliki fasilitas untuk perbedaan ini.
Contoh : himpunan entitas account memiliki atribut account-number dan balance. Suatu account dapat diklasifikasikan lagi menjadi salah satu dari
- savings-account
- checking-account

   Kebalikan dari spesialisasi adalah generalisasi, yaitu proses bottom up. Sebagai contoh adalah himpunan entitas mahasiswa sebenarnya dapanhmnb
Adanya spesialisasi dan generalisasi digambarkan dalam relasi khusus yang disebut dengan relasi ISA.


1 komentar:

  1. Some make use of distinctive rules that favor players, while others have 우리카지노 fewer numbers on the wheel that positively change the chances in the game

    BalasHapus