Selasa, 27 Maret 2012

DCL & Teknik Normalisasi

       Pembahasan Tentang DCL dan Teknik Normalisasi

        Teknik Normalisasi merupakan sebuah teknik dalam logical desain sebuah basis data, teknik pengelompokkan atribut dari suatu relasi sehingga membentuk struktur relasi yang baik (tanpa redudansi). Pada normalisasi terdapat 3 aturan, yakni:
  1. Yang Pertama : mendefinisikan atribut kunci, tidak adanya group berulang, semua atribut bukan kunci tergantung pada atribut kunci. 
  2. Yang Kedua : sudah memenuhi dalam bentuk normal kesatu, sudah tidak ada ketergantungan parsial, dimana seluruh field hanya tergantung pada sebagian field kunci.
  3. Yang Ketiga : sudah berada dalam bentuk normal kedua, tidak ada ketergantungan transitif (dimana field bukan kunci tergantung pada field bukan kunci lainnya), bentuk Normal seharusnya berada dalam bentuk normal tertinggi dan bergerak dari bentuk normal satu dan seterusnya untuk setiap kali membatasi hanya satu jenis redudansi. Keseluruhannya cuma ada lima bentuk normal. Tiga bentuk normal pertama menekankan redudansi yang muncul dari Function Dependencies sedangkan bentuk keempat dan kelima menekankan redudansi yang muncul dari kasus Multi Valued Dependencies.

Contoh normalisasi disini:







3 Contoh Normalisasi :

Kasus Pertama
Disini kita akan terlebih dahulu membuat dan menentukan primary key pada tablenya, supaya setiap data atau field field lainya tergantung hanya pada satu field.
Dalam tabel yang saya buat ini, Primary Key nya adalah idPeminjam

tbl_peminjam






 Kasus Kedua
Pada aturan ini kita akan memisahkan field field yang tergantung pada satu field, seperti field judulDvd dengan idDvd dan genre dengan idGenre. Field tersebut harus dipisahkan dari tbl_peminjam

tbl_peminjam






tbl_dvd







tbl_genre








Kasus Ketiga
Pada tahap ini kita akan membenahi data, data-data yang telah dibuatkan tabel yang baru akan dicek apabila terjadi redudansi maka data tersebut akan dihilangkan. Misalkan saya mempunyai data seperti berikut

tbl_dvd
 
Pada tabel ini terjadi redudansi data, yakni terdapat perulangan judulDvd dan idDvd, maka data tersebut akan dihapuskan



tbl_dvd

Kira-kira seperti itulah teknik normalisasi pada database. Masih banyak contoh normalisasi lainnya pada database.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar